Jumat, 10 Mei 2013

20 Film yang Based on True Stories

1. Erin Brokovich

diangkat dari kisah nyata seorang janda muda bernama Erin Brokovich berjuang menghadapi perusahaan besar yang membuang limbah berbahaya sehingga membuat penduduk disekitar perusahaan mengidap penyakit dan tidak menyadari penyebabnya adalah limbah perusahaan tersebut. Erin yang awalanya pengangguran akhirnya mendapatkan pekerjaan di firma hukum milik pengacaranya, Masry. Padahal dia sendiri tidak mempunyai pengalaman di bidang hukum. Penyelidikan Erin terhadap kasus pencemaran perusahaan tersebut akhirnya membawa firma hukumnya melakukan salah satu gugatan hukum class action terbesar dalam sejarah Amerika yang ditujukan pada perusahaan yang beraset milyaran dolar. Film keluaran tahun 2002 ini baru saja saya tonton tahun lalu.

2. Hachiko a Dog's story


Bercerita tentang anjing bernama Hachiko yang setia dengan majikannya (Richard Gere) dan selalu menjemput majikannya saat selesai bekerja distasiun kereta api. Hingga suatu hari Majikannya meninggal di tempat kerja (kalau nggak salah sekolah musik, apa kampus, udah lupa), Hachiko terus menunggu majikannya walaupun tidak pernah datang.

3. Schindler's List


Film garapan steven spielberg, berseting tahun 1940an saat nazi sedang gencar-gencarnya membasmi yahudi, nama pembantaiannya holocaust klo ga salah. Berkisah tentang Oskar Schindler yang mau menyelamatkan 1000 lebih buruh pabriknya yang merupakan yahudi. Spielberg sendiri yahudi, mungkin karena itu buat film - film semacam ini, film Munich juga ada tentang yahudi - yahudinya, dan memosisikan yahudi dalam posisi yang tertindas. tapi tetap aja film ini nggak bikin sedih, yah dibalik kesenewenan itu semua, film ini digarap dengan bagus. 

4. The Social Network

Film ini diangkat dari buku, tapi berdasarkan kisah Mark Zuckerberg dalam mendirikan situs facebook yang awalnya bernama facemash. Entah kenapa waktu nonton film ini Mark digambarkan sangat licik dan curang, misalnya dia tega tinggalin si Eduardo yang ikut danai situs facebook waktu facebook uda mulai meluas. Mark Zuckerberg yang asli sendiri bilang kalau film ini banyak ketidak akuratannya, nggak taulah yang mana yang benar. Film ini dibintangi aktor - aktor muda kayak jesse eidenberg (ntah betul tulisannya), andrew garfield (the amazing spiderman), justin timberlake. 

5. We Bought a Zoo

Berkisah tentang duda (Matt Damon) dengan dua anaknya yang pindah ke daerah pinggiran, dan membeli sebuah rumah yang ternyata merupakan kebun binatang. Film ini baru saja saya tonton beberapa hari yang lalu, disini Matt Damon udah agak kegendutan. 

6. Public Enemies


Film ini bersettingnya tahun 1930an waktu itu AS lagi depresi besar - besaran, berkisah tentang agen FBI (Christian Bale) dalam pengejaran perampok bank bernama John Dillinger (Depp). Di film ini Depp tidak seperti film dia biasanya yang berkarakter unik dan berdandan aneh.  Sejujurnya saya kurang suka film ini, dan ngantuk selama menontonnya.

Film yang diangkat dari kisah nyata lainnya :

7. The Pursuit of Happyness



8. The Terminal

3. My Week with Marylin


8. The Black Dahlia

9. Ali

10. Malcolm X

11. Hotel Rwanda 


Film ini disebut Schindler's List versi Afrika.

12. Catch Me If You Can


13. Laskar Pelangi


14. Argo


15. A Beautiful Mind


16. 127 Hours


18. Saving Private Ryan



19. The Exorcism of Emily Rose


20. In Love and War

Kalau nggak salah film ini diangkat dari kisah nyata si Ernest Hemmingway.

2 komentar:

  1. Ada beberapa film lg yang based on trus story sperti the wall street, the insider dan blackjack 21

    BalasHapus