Senin, 20 Mei 2013

Cara Menurunkan Kurva AD dari Grafik IS LM







Cara menurunkan kurva AD dari grafik IS LM
Dalam model IS LM keseimbangan awal dicapai di E0 yaitu pada perpotongan kurva LM (M0,P0) dan IS. Kurva Lm (M0,P0) menggambarkan bahwa penawaran uang adalah M0 dan tingkat harga adalah P0. Pendapatan nasional adalah dan tingkat bunga ialah r0.

Dalam grafik (a) 
digambarkan tiga keseimbangan Yaitu: 
  1. E0 yang merupakan potongan diantara IS dengan LM (m0,p0). 
  2. E1 yaitu perpotongan diantara IS dengan LM (m0,p1) dan 
  3. E2 merupakan perpotongan antara keseimbangan.
Kedudukan dari ketiga-tiga keseimbangan ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi harga,semakin tinggi tingkat bunga tetapi pendapatan nasional semakin rendah.

Gambar di atas :
  1. Akibat pertambahan penawaran uang kepada permintaan agregat ditunjukkan dalam gambar 8.13. Penawaran uang yang bertambah tersebut memindahkan kurva LM (M0, P0) menjadi LM (m1,P0), kurva IS tidak mengalami perubahan.

PERUBAHAN KURVA AD
  1. Perubahan dalam investasi perusahaan, pengeluaran pemerintah dan pajak akan memindahkan kurva AD. Disamping itu perubahan kurva AD dapat pula disebabkan oleh perubahan dalam penawaran uang.
  2. Investasi, pengeluaran pemerintah dan pajak akan mempengaruhi kurva IS. Pertambahan investasi dan pengeluaran pemerintah akan memindahkan kurva IS ke kanan, sedangkan kurva LM tetap. Maka kurva AD akan bergeser kesebelah kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar