Jumat, 28 Juni 2013

Ini Punya Aceh

1. Tari Saman



Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011. Tari Saman ini sangat diminati baik di Indonesia sendiri dan di mancanegara.

2. PLTD Apung




Kapal 2600 ton yang terbawa sekitar 5 km dari pesisir pantai ke pemukiman rumah padat penduduk (Punge Blang Cut, Banda Aceh) yang menjadi saksi bisu betapa dahsyatnya gelombang tsunami. Saya sendiri pertama kali melihat kapal ini setahun setelah tsunami, saat itu lingkungan disekitar kapal masih kacau karena bekas tsunami namun sekarang tempatnya telah terawat, dipagari, dilengkapi dengan taman pendidikan dan tempat bermain karena kini tempat ini sering dikunjungi wisatawan.



3. Pantai - Pantai Indah Berpasir Putih

Mau ke pantai yang cantik, berpasir putih tinggal pilih, ada banyak lho di Aceh.

Pantai Lhoknga, Aceh Besar


Sabang



Pantai Lampuuk, Aceh Besar


Iboih, Sabang


Banyak lagi Pantai - pantai Indah di Aceh yang tidak bisa saya tampilkan.

4. Kopi Gayo



Kopi Arabika Gayo dikenal dengan rasa dan aroma yang kuat dan termasuk ke dalam salah satu kopi terbaik didunia. Kaya akan varietas dan masuk kopi jenis specialty. Belanda menamai kopi sebagai 'Tanaman Masa Depan'. Mereka juga menyatakan masyarakat Gayo sangat cepat menerima masuknya komoditi baru seperti kopi. Kawasan perkebunan kopi ini kemudian menjadi perkampungan baru yang berkembang baik hingga saat ini. Kopi Gayo yang berbasis Arabika memiliki paling tidak lima sertifikasi Internasional sebagai jaminan kualitas Arabica Gayo. Sertifikat itu antara lain Fair Trade, Organik, Rain Forest dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar